Home | Webmail | Mailadmin | Nota Dinas Bookmark & Share This

Ruang Publik

Tempat publik menyampaikan opini maupun pengaduan tentang layanan yang dialaminya More

Ruang Pelaku Bisnis

Ruang dimana para pelaku bisnis dapat menyampaikan opini, gagasan, atau pun artikel terkini  More

Ruang Pemerintah

Ruang untuk pemerintah mengumumkan kebijakan maupun isu kebijakan yang sedang berkembang More

Ruang Regulator

Ruang dimana regulator menginfokan regulasi yang baru terbit atau pun berdiskusi tentang isu-isu regulasi yang berkembang More

Ruang Bersama

Ruang dimana semua pemangku kepentingan dapat berdiskusi tentang permasalahan yang sedang atau akan dihadapi bersama More

Roadmap Konvergensi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia

E-mail Print PDF

Komunitas ICT Indonesia, akhirnya berhasil menyelesaikan Roadmap Konvergensi Infrastuktur ICT Indonesia hingga 2011.



Dalam rangkaian acara APRICOT (Asia Pacific Internet Conference on Operational Technologies) yang berlangsung pada bulan Pebruari 2007 di Bali, Dirjen Postel Basuki Yusuf Iskandar pada tanggal 26 Pebruari 2006 pada forum APRICOT tersebut telah berkesempatan untuk menjadi moderator sesi khusus seminar Indonesia Stream yang mempresentasikan konsep Deklarasi ICT Bali. Deklarasi tersebut diharapkan dapat semaksimal mungkin untuk mendorong berbagai kepentingan para pihak yang berkepentingan dengan pengaturan, penyelenggaraan dan penggunaan ICT secara realistis. Paling tidak deklarasi tersebut dapat menjadi common sense yang dapat menjadi fasilitator pemetaan ICT secara time-based targets dan reality-based objectives . Bahwasanya sejumlah sikap pesimisme sempat muncul dalam deklarasi tersebut sangat mudah dipahami, karena sejauh ini sudah sering muncul deklarasi serupa namun lemah dalam tindak lanjutnya. Namun demikian dalam deklarasi tersebut Ditjen Postel bersama seluruh stake-holders yang ada sangat mendorong agar komitmen yang ada tersebut harus saling dikritisi dan dikoreksi bersama seoptimal mungkin berdasarkan target konkret data secara akseleratif dari berbagai unsur yang ada.

Pada kenyataan, sikap pesimisme yang ada tersebut ternyata justru telah menjadi driving force berbagai pihak untuk menyikapinya secara bijaksana dan lebih sistematis namun konkret untuk mengejar target penyelesaian dan penjabaran tindak lanjut deklarasi tersebut. Tantangan pesimisme tersebut akhirnya terespon secara konkret ketika di saat rangkaian puncak acara upacara Peringatan Hari Bhakti Postel ke-62 pada tanggal 27 September 2007 yang lalu Dirjen Postel di Jl. Cilaki Bandung di hadapan Menteri Kominfo Mohammad Nuh (selaku Inspektur Upacara) dan seluruh hadirin peserta upacara telah membacakan pengantar Rancangan Roadmap Konvergensi Infrastruktur Teknologi Informasi dan Komunikasi Indonesia. Rancangan. Rancangan ini merupakan merupakan hasil maksimal secara konkret dari Deklarasi ICT Bali 2007 yang disusun bersama-sama oleh para stakeholers ICT di Indonesia. Dalam deklarasi di Bali tersebut disebutkan di antaranya, bahwa hasil penjabaran penyusunan konkretnya akan dilakukan bertepatan dengan puncak acara Hari Bhakti Postel 2007 dan itu akhirnya telah secara konsisten terpenuhi janji dan komitmennya hingga berlangsung pada tanggal 27 September 2007 lalu.

Ditjen Postel merasa perlu bersama berbagai pihak (termasuk APJII) untuk menyusun roadmap infrastruktur ini sebagai pedoman bagi seluruh stakeholders sektor telekomunikasi dalam menyamakan langkah dan persepsi terkait dengan perkembangan telekomunikasi. Rancangan ini diharapkan dapat memudahkan regulator, penyelenggara jaringan dan layanan, para investor, penyelenggara bisnis pendukung maupun konsumen dalam menyikapi perkembangan telekomunikasi hingga tahun 2011. Rancangan ini juga memuat sejumlah jadwal pelaksanaan proses migrasi menuju konvergensi telekomunikasi hingga tahun 2011. Oleh karena itu melalui Siaran Pers ini, Ditjen Postel mulai tanggal 1 s/d. 31 Oktober 2007 akan mengadakan konsultasi publik dengan tujuan untuk menyempurnakan rancangan ini. Tsanggapan terhadap rancangan ini diharapkan dapat dikirimkan via email ke: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it dan This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . Dengan demikian, yang perlu ditanggapi adalah narasi dan presentasinya.

Last Updated ( Tuesday, 23 August 2016 10:49 )  
You are here: Home