BRTI MENGADAKAN RAPAT KOORDINASI BERSAMA OJK TERKAIT REGULASI BERSAMA

Berita Program Kerja BRTI

APK

Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) mengadakan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak untuk membahas penggunaan nomor telepon untuk otentikasi layanan finansial.

Hadir dalam rapat koordinasi tersebut antara lain para komisioner BRTI, perwakilan dari Otoritas Jasa keuangan (OJK), perwakilan dari Direktorat Pengendalian Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, perwakilan Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kemneterian Kominfo, perwakilan Badan Reserse Kriminal Kepolisian Republik Indonesia (Bareskrim Polri), perwakilan Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), dan perwakilan dari para penyelenggara telekomunikasi seluler.

Rapat tersebut antara lain membahas pemanfaatan nomor telepon untuk layanan fintech, upaya meminimalkan tindak kejahatan yang terkait dengan pemanfaatan nomor seluler (MSISDN), serta memitigasi risiko atas penyalahgunaan tersebut.

BRTI mendorong para pemangku kepentingan terkait untuk bekerjasama membangun sinergi dalam menegakkan dan memperbaiki standard operasional procedur (SOP), pertukaran data, maupun kerjasama lainnya guna melindungi hak pelanggannya. 

Para pihak terkait diharapkan dapat memperluas sosialisasi dan memberikan edukasi kepada masyarakat terkait transaksi perbankan menggunakan media telekomunikasi seluler.
BRTI juga mendorong kerja sama erat baik di level regulator maupun di tingkat penyelenggara untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna layanan telekomunikasi dan finansial.

 

image